Uniknya Pakaian Adat Pernikahan Di Berbagai Negara

Jumat, 26 Agustus 2016 - Aneh & Unik

DuniaSemu.com – Hari pernikahan bagi wanita, hari ini merupakan hari yang sangat spesial karena mereka akan memakai pakaian tradisional dari daerah aslinya. Dan dapat dipastikan pakaian tradisional wanita yang dipakai pada saat pernikahan tentunya merupakan pakaian yang penuh dengan keindahan serta mempunyai bentuk yang khusus pula. Dan ternyata pakaian tradisional ini sangat beragam tersebar di seluruh dunia. Masing-masing negara mempunyai pakaian tradisional pernikahannya sendiri-sendiri. Seperti di Indonesia pakaian adat pernikahan pun ada banyak macamnya tergantung setiap daerah maupun suku, dari suku padang ada yang namanya suntiang sedangkan dari jawa biasanya kening sang pengantin akan dihias mengenakan paes ageng. Namun seiring berkembangnya zaman pengantin Indonesia saat ini banyak yang lebih memilih menggunakan kebaya di hari pernikahannya, dan kebaya ini dianggap sebagai baju pengantin yang bersifat nasional.

Selain di Indonesia, ternyata di banyak negara pun pengantin akan mengenakan kostum nasional yang mencerminkan keyakinan serta adat istiadat setempat. Dan berikut macam-macamnya.

Pakaian adat pernikahan di India

pakaian adat pernikahan di india
Jika anda sering melihat film India maka anda akan sering juga menyaksikan jenis pakaian yang dipakai oleh wanita di India pada saat upacara pernikahannya. Dan India juga merupakan negara yang mayoritas masyarakatnya terus memegang teguh tradisi yang diturunkan oleh leluhur-leluhur mereka. Untuk pernikahan wanita di India menggunakan pakaian yang bernama Sari, serta dalam budaya India warna merah muda atau merah menyala merupakan pilihan utama pakaian untuk para pengantin. Biasanya sari yang dikenakan pengantin sudah lengkap dengan perhiasan yang memenuhi kepala dan lehernya. Selain itu wanita India yang telah menikah bisa dikenali dengan melihat tanda merah yang terdapat di keningnya.

Pakaian adat pernikahan di Nigeria

pakaian adat pernikahan di nigeria
Sama seperti Indonesia, Nigeria juga memiliki lebih dari 250 etnis dan lebih dari 500 bahasa. Upacara pernikahan pun disesuaikan dengan latar belakang etnis dan agama masing-masing. Meskipun begitu pengantin Nigeria biasanya menggunakan pakaian berwarna cerah dan menggunakan penutup kepala yang dinamakan Gele.

Pakaian adat pernikahan di Ghana

pakaian adat pernikahan di ghana
Pernikahan tradisional di Ghana biasanya sangat meriah dengan busana pengatin warna-warni, setiap keluarga memiliki motif busananya masing-masing yang terlihat pada busana pengantin wanita dan pria di hari pernikahannya.

Pakaian adat pernikahan di Kazakhstan

pakaian adat pernikahan di kazakhstan
Pada pernikahan tradisional Kazakhstan pengantin wanita mengenakan penutup kepala yang dinamakan Saukele yang juga berguna sebagai penutup wajah. Saukele ini biasanya dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum para gadis siap menikah.

Pakaian adat pernikahan di Jepang

pakaian adat pernikahan di jepang
Pakaian tradisional pernikahan untuk wanita Jepang sangatlah dikenal yaitu kimono, dan kimono yang dipakai untuk upacara pernikahan ini juga kimono yang khusus yaitu shiromuku yang berarti kimono yang berwarna putih. Kimono putih menyimbolkan kemurnian dan keperawanan selain itu mereka juga memakai tudung kepala yaitu tsunokakushi dan wataboshi. Setelah upacara selesai pengantin akan mengganti kimono putihnya dengan kimono berwarna merah yang menyimbolkan keberuntungan.

Pakaian adat pernikahan di Mongolia

pakaian adat pernikahan di mongolia
Dalam upacara pernikahan tradisional Mongolia pengantin pria dan wanita masing-masing mengenakan busana yang disebut Deel. Deel adalah busana bermotif yang telah dipakai selama berabad-abad oleh orang Mongolia dan juga etnik-etnik yang berada di kawasan asia tengah.

Pakaian adat pernikahan di Skotlandia

pakaian adat pernikahan di skotlandia
Skotlandia memiliki tradisi yang unik untuk pengantin pria, untuk hari pernikahannya pria Skotlandia akan mengenakan rok bermotif kotak-kotak atau Kilt yang sesuai dengan warna klannya. Usai upacara pernikahan pengantin wanita akan mengenakan sebuah syal yang sesuai dengan warna rok yang dipakai oleh suaminya. Hal tersebut menandakan bahwa pengantin wanita telah menjadi bagian dari keluarga pria.

Pakaian adat pernikahan di Norwegia

pakaian adat pernikahan di norwegia
Dalam pernikahan tradisional Norwegia pengantin mengenakan busana yang disebut dengan Bunad. Busana ini juga bisa dipakai di acara penting lainnya seperti acara pembaptisan ataupun acara-acara formal.

Pakaian adat pernikahan di Kosovo dan Macedonia

pakaian adat pernikahan di kosovo
Suku Gorani yang terdapat di negara Kosovo dan Macedonia mayoritas beragama islam namun tradisi dan busana pengantinnya terpengaruh oleh berbagai elemen kaum Pagan. Pengantin akan menaiki kuda putih dengan memakai sebuah scraf dan payung khusus selama festival pernikahan berlangsung. Pihak mempelai wanita pun akan dirias dengan mengecat wajahnya dengan simbol-simbol khusus, simbol-simbol tersebut dilukis dengan dasar putih, cat warna coklat, merah, dan biru yang memiliki makna khusus seperti kebahagiaan dan kesehatan pengantin dalam rumah tangga dan kesuburan. Selain itu pengantin juga akan menemani keluarganya ke rumah tetangga calon suaminya.

Pakaian adat pernikahan di Peru

pakaian adat pernikahan di peru
Busana pengantin adat suku andean peru cenderung berwarna cerah dan lazimnya busana tersebut terdiri dari mantel tenun dan topi berhiaskan rumbai-rumbai. Sebuah rok dan ponco juga dipersiapkan secara khusus untuk pasangan yang berbahagia.

Pakaian adat pernikahan di Hungaria

pakaian adat pernikahan di hungaria
Suku mayoritas di Hungaria mengharuskan setiap pengantin wanitanya memakai gaun bordir bermotif floral dalam kombinasi tiga warna cerah dengan bagian rok yang dibuat berlapis-lapis.

Pakaian adat pernikahan di Turkmenistan

pakaian adat pernikahan di turkmenistan
Negara tetangga dari Uzbekistan yang terletak di asia tengah ini memiliki baju pengantin tradisional yang sangat unik. Bahan veil yang dikenakan oleh pengantin perempuan berbeda dengan bahan veil pada umumnya yang cenderung tipis. Bahan veil yang digunakan di Turkmenistan jauh lebih tebal, veil ini sebetulnya memiliki makna khusus. Masyarakat Turkmenistan percaya bahwa veil berguna untuk melindungi sang pengantin perempuan dari roh jahat pada saat pernikahan. Maka dari itu veil tersebut haruslah menutupi seluruh bagian kepala sang pengantin wanita tidak hanya wajahnya.

Itulah beberapa pakaian adat pernikahan di berbagai negara.

Posting Lainnya:

Uniknya Pakaian Adat Pernikahan Di Berbagai Negara | DuniaSemu | 4.5