Misteri Pesawat Hantu Terbang Sendiri Part 1

Jumat, 26 Agustus 2016 - Misteri

DuniaSemu.com – Apa yang ada di pikiran anda mendengar pesawat hantu? Dalam beberapa kasus sebuah pesawat bisa saja tetap terbang dengan tidak merespon komunikasi dari air traffic control. Pertanyaannya apakah benar pesawat diambil alih oleh hantu? Apa yang menyebabkan ini terjadi?

2014 kemarin misteri pencarian salah satu maskapai Malaysia dengan nomor penerbangan MH-370 yang membawa penumpang 239 orang didalamnya disebut-sebut sebagai pesawat hantu. Pesawat hantu karena kondisi pesawat sebelum terhempas dan tenggelam di Samudera Hindia pesawat terbang dengan posisi autopilot beserta penumpang dan awak pesawat didalamnya yang tak sadarkan diri bahkan tewas akibat kekurangan oksigen atau lebih dikenal dengan hipoksia. Beberapa kecurigaan muncul soal penyebab terjadinya hilangnya pesawat berjenis Boeing 777 yang jatuh dilaut setelah terbang lurus mendatar selama sekian jam di udara. Spekulasi tentang faktor kesengajaan ataupun bagian rencana sang kapten pilot untuk menguasai rute penerbangan menyebar. Namun penyebab pesawat hantu ini masih menjadi perdebatan panjang.

Pilot maskapai Delta Airlines tidur saat penerbangan berlangsung

pesawat hantu delta airlines dl8957
Peristiwa serupa dialami maskapai Delta Airlines pada Mei 2016 lalu. Dilansir berita harian media online news.com.au, pesawat Delta Airlines dengan nomor penerbangan DL-8957 melakukan penerbangan yang sempat membuat panik otoritas lalu lintas udara Yunani. Mereka melihat pesawat terbang tanpa kendali seorang pilot saat melintasi wilayah udara Yunani. Pihak udara Yunani langsung melakukan pencarian pesawat Delta Airlines yang masih terbang. Pilot F-16 segera merespon dan berhasil menemukan pesawat hantu ini yang telah mendekati wilayah Santorini, namun sang pilot tetap tidak memberikan respon kapada pilot F-16. Setelah beberapa saat sang pilot F-16 melihat salah satu awak membuka pintu kokpit untuk membangunkan seorang pilot. Dari peristiwa ini pilot DL-8957 langsung merespon dan memastikan bahwa penerbangannya tidak menyimpang dari rute perjalanannya, diduga saat itu sang pilot sempat terlelap hingga komunikasi menjadi offline.

Pesawat Egypt Air MS-804 jatuh di laut Mediterania

pesawat egypt air jatuh
Sebelumnya pesawat Egypt Air MS-804 yang juga melintas di wilayah yang sama, setelah beberapa jam Egypt Air MS-804 dilaporkan hilang kontak dari pantauan radar ATC Yunani. Berita duka pun menyelimuti penerbangan Egypt Air MS-804 yang dilaporkan jatuh di laut Mediterania dengan 66 orang penumpang tewas di lokasi kejadian.

Pesawat Cessna 421 berputar-putar 2 jam hingga akhirnya jatuh

pesawat cessna 421 teluk meksiko
Kasus pesawat hantu juga pernah terjadi 4 tahun lalu diatas teluk Meksiko, pesawat Cessna 421 yang ditumpangi oleh Dr. Peter dari Amerika telah take off dari bandara Lousianna Amerika Serikat menuju Florida. Namun sungguh mengenaskan perjalanan sang dokter tak kunjung tiba di tujuan, radio komunikasi pesawat Cessna 421 terputus dan pesawat berputar-putar diatas teluk Meksiko tanpa kendali sang pilot. Setelah dua jet F-15 berhasil mendekat ke lokasi Cessna 421, pesawat ini terlihat telah dipenuhi es yang membeku di jendela pesawat. Kondisi pilot juga sudah tak memberi respon apapun pada F-15 atau ATC. Setelah 2 jam berlalu dan berputar-putar tanpa arah, akhirnya pesawat Cessna 421 jatuh dilaut dan tenggelam.

Arti pesawat hantu dan teorinya
Dari beberapa kasus udara tadi, sebutan pesawat hantu sudah umum dikenal oleh dunia penerbangan internasional. Kasus lost contact dari radar air traffic control, pesawat hantu ini masih bisa bergerak dan tetap melakukan penerbangan tanpa kendali sang pilot. Pengungkapan lain tentang pesawat hantu juga datang dari salah satu teori Profesor Jason Middleton. Profesor dari sekolah penerbangan Universitas New South Wales Australia ini mengatakan pesawat Boeing 777 yang mengalami penerbangan hantu adalah sebuah istilah bagi pesawat yang terbang di udara tanpa kendali sang pilot karena pilot dan kru awak maupun penumpang sudah tak sadarkan diri.

Ada beberapa penyebab yang selalu ditimbulkan dari peristiwa pesawat hantu ini, yang paling umum adalah adanya kegagalan mekanis yang menyebabkan tekanan kabin menjadi turun drastis. Beberapa informasi dukungan datang dari banyak pilot profesional di dunia atas teori Profesor Jason Middleton tersebut. Pasalnya apabila sistem komunikasi terputus akibat kegagalan mekanis pesawat, hal ini akan menyebabkan dekompresi secara lambat ataupun cepat sehingga awak pesawat tak mampu lagi melakukan pendaratan darurat. Artinya sang pilot sebenarnya dapat melakukan penurunan ketinggian dibawah 4.000 meter saat pesawat di udara, kondisi seperti ini butuh beberapa menit hingga sang pilot menyelesaikannya. Namun ditengah kondisi tersebut, secara cepat dekompresi menyerang kru dan penumpang sehingga mereka akan mengalami disorientasi dan tak sadarkan diri hingga menyebabkan meninggal di dalam pesawat yang masih berada di udara.

Begitu pula kejadian mengenaskan yang membawa nama pegolf muda terkenal dunia yang menjadi penumpang pesawat hantu. Tepat 1999 lalu pesawat Jet N47BA yang ditumpangi pegolf profesional Payne Stewart dengan rute perjalanan dari Orlando Florida menuju Dallas Texas hilang kontak. Pemilik nama lengkap William Payne Stewart adalah salah satu atlet golf berbakat asal Amerika Serikat. Ia telah banyak menjuarai beberapa kejuaraan dunia Amerika, Eropa, hingga ke negeri sakura Jepang. Kisah pesawat hantunya berawal dari keikutsertaan Payne yang ingin menghadiri kejuaraan golf internasional di Texas Amerika Serikat, Pesawat Charter Private Jet 35 yang membawanya siap bertolak dari bandara Orlando International Airport. Kesiapan pilot dan co-pilot pun menyertai keberangkatan pesawat bernomor N47BA. Setelah beberapa menit kemudian N47BA take off dari bandara Orlando International Airport, awalnya penerbangan berjalan normal namun saat instruksi pesawat naik di ketinggian 33.000 kaki setelah 45 menit pesawat take off, pesawat mulai mengalami gangguan komunikasi yang dikenal dengan hand off. Hand off adalah situasi dimana radio komunikasi pesawat dicoba dengan frekuensi berbeda oleh pilot dengan penerbangan yang berbeda pula. Namun kenyataannya berkata lain, pesawat N47BA diduga mengalami kehilangan kontak. Posisi awal pesawat di ketinggian 39.000 kaki terus naik hingga 40.000 kaki lebih di udara. Jelas hal ini membuat tim Air Traffic Control panik, setelah kepanikan makin memuncak kode emergency diinformasikan ke Expert National Transportation Safety Board. Dengan cepat mereka menemukan posisi pesawat dan segera meluncurkan 2 pesawat jet F-16 untuk mendekat ke posisi terakhir terdeteksi dari Air Traffic Control. Selama proses pencarian dilakukan, berita kabar hilangnya pesawat Payne Stewart pegolf terkenal ini muncul di CNN Breaking News. Saat itu tim Air Traffic Control belum juga mendapatkan ide yang menemukan pesawat N47BA, hingga tim Expert National Transportation Safety Board mengetahui keberadaan pesawat. Pilot F-16 menemukan pesawat N47BA, anehnya pesawat terlihat terbang normal di udara namun tak ada tanda-tanda pesawat rusak ataupun terbakar. Hanya saja saat F-16 mendekat terlihat kaca depan pesawat telah berlapis es. Awak kabin serta penumpang tak bisa terlihat dengan jelas, semua menjadi hening dan terdiam. Komunikasi terus dilakukan namun tetap saja N47BA tak memberi respon dan saat itulah N47BA dinyatakan menjadi pesawat hantu. Semua tim hanya bisa menunggu dan melihat, setelah beberapa jam terbang diatas langit South Dakota sang pilot F-16 mendadak teriak “look out the aircraft is turning”.

Bagaimana kisah selanjutnya pesawat jet dengan nomor penerbangan N47BA? Akankan pilot F-16 mampu menyelamatkan pesawat hantu ini?

Posting Lainnya:

Misteri Pesawat Hantu Terbang Sendiri Part 1 | DuniaSemu | 4.5